Info Product PC

Mengenal Kecangihan Fitur Super Select 4Wd-II Yang Ada Di Mitsubishi New Triton

Fri, 30 August 2019 - 11:46 | visits : 106

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu, KabarOto berkesempatan menjajal kecanggihan fitur dan keandalaan Mitsubishi New Triton melibas medan off-road. Meski sesi test drive hanya sesaat, namun impresi ketangguhan New triton dengan mudah didapat.

Menggunakan trek off-road yang telah disediakan oleh Mitsubishi, KabarOto mencoba New Triton melibas genangan lumpur, tanjakan terjal, dan lintasan dengan sudut kemiringan yang lumayan tajam. Semua dapat dilalui dengan mulus tanpa hambatan.

Point utamanya terletak pada fitur Super Select 4WD-II. Jika dahulu transmisi 4WD ini masih menggunakan tuas transmisi tambahan untuk perpindahan dari 2WD ke 4WD, kini semua itu sudah berubah.

Karena pada Super Select 4WD-II ini, Mitsubishi Motors sudah membekalinya dengan tombol dial, yang memungkinkan para pemilik mobil New Triton 4WD dapat memindahkan mode hanya dengan memutar tombol saja. Fitur ini juga terdapat pada All-New Pajero Sport varian 4WD.

Pengoperasian 4WD cukup dengan memutar tombol

Salah satu kecanggihan fitur ini adalah pengemudi dapat memindahkan mode penggerak roda dari 2WD ke 4WD pada kecepatan 100 km/jam. Fitur ini punya empat pilihan pengaturan cara kerja sistem gerak roda. "Yaitu 2H, 4H, 4HLc, dan 4LLc," ujar salah seorang instruktur yang menemani KabarOto saat sesi test drive. Lantas apa saja fungsinya?

2H (2WD High Range)
Pada mode ini hanya 2 roda belakang yang mendapatkan tenaga, mode ini sangat cocok kondisi jalan normal atau di jalan beraspal kering. Seperti misalnya melaju di jalan bebas hambatan dengan pemakaian normal. Salah satu fungsinya juga untuk menghemat pemakaian bahan bakar.

4H (4WD High Range)
Mode ini diperuntukan mengemudi di jalan beraspal basah atau licin. Pada mode ini, 4 roda mendapatkan tenaga dalam pembagian torsi roda depan dan belakang, dengan proporsi 40:60, yang diatur oleh komputer.

Mumpuni saat melibas kubangan lumpur

Ketika mobil digunakan menanjak, Anda akan merasakan setiap ban seperti mencari traksi sendiri – sendiri alias tidak bergerak bersamaan. Tergantung ban sebelah mana yang butuh traksi lebih besar. Mode ini dapat digunakan di medan apapun, termasuk jalan tanah tapi dengan kondisi medan yang tidak terlalu berat.

4HLc ( 4WD High Range with Locked Center Differential )
Dengan center differential yang terkunci, cocok untuk mengemudi di jalanan kasar, pasir, atau tertutup salju, torsi terdistribusi merata ke 4 roda. Artinya, setiap ban tidak bekerja sendiri – sendiri lagi melainkan bergerak bersamaan. Mode ini diperuntukan untuk melahap medan yang berat, untuk off-road mode ini sangat mumpuni.

Lintasan dengan sudut kemiringan tajam pun bisa dengan mudah dilibas

4LLc ( 4WD Low Range with Lock Center Differential )
Dengan 4LLc, torsi terdistribusi merata ke 4 roda dengan rasio gigi yang terendah untuk mendapatkan torsi yang maksimal. Prinsipnya sama seperti 4HLc, hanya saja bekerja menggunakan torsi lebih besar. 4LLc cocok digunakan ketika mengemudi naik atau turun bukit terjal, dijalan kasar ataupun berlumpur (terutama ketika peningkatan torsi diperlukan).

Untuk perpindahan di mode 4LLc wajib dalam kondisi berhenti, dengan cara memindahkan transmisi pada “N” dan injak pedal rem. Pada mode ini, New Triton 4WD bisa dikatakan bisa melahap medan yang paling berat sekalipun.

Tidak hanya itu, pada New Triton terbaru Mitsubishi Motors juga membekali fitur Off-road mode, untuk menemani fitur Super Select 4WD-II ini. Fitur Off-road mode ini, bakal memaksimalkan traksi dan parameter stabilitas control, sesuai dengan kondisi medan dengan "easy select switch" operation.

Dipadu dalam kecepatan tinggi dengen mode 4H

Cara mengaktifkan Off-road mode ini pun cukup mudah, dengan menekan tombol di konsol tengah yang letaknya tepatnya berada di samping tombol Hill Desent Control (HDC). Bila diaktifkan, maka mobil akan otomatis menstabilkan traksi dan parameter stabilitas kontrol sesuai dengan medan yang dilalui.

Fitur Off-road mode ini juga bekerja bersama dengan fitur Active Stability Traction Control (ASTC) saat melewati jalan licin, sehingga akan mencegah roda kehilangan traksi. Canggih ya!

Sumber: kabaroto.com

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top