News PC

Mitsubishi: Kehadiran Merek China Ada Bagusnya Buat Kami

Tue, 13 August 2019 - 09:18 | visits : 16

INDRAMAYU - Mitsubishi mengatakan kehadiran para pendatang baru dari China di pasar otomotif Indonesia turut membawa dampak positif bagi mereka. Pabrikan berlogo tiga berlian ini mengaku tidak punya strategi khusus menghadapi mereka.

Sekadar mengingatkan, di Indonesia saat ini terdapat dua merek asal ‘Negeri Tirai Bambu’ yaitu Wuling plus Dongfeng Sokon (DFSK). Keduanya membangun pabrik, berjualan sejak 2017, dan sama-sama menawarkan model berfitur jauh lebih banyak dan canggih, tapi mempunyai harga jauh lebih rendah.

Michimasa Kono, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menjelaskan bahwa produk-produk baru dari merek mobil China membuat pasar roda empat nasional semakin atraktif bagi konsumen. Jumlah peminat roda empat makin banyak dan pasar berpotensi makin besar.

Kono meyakini perhatian yang lebih besar terhadap mobil-mobil baru China membawa efek bagus pula bagi Mitsubishi. Pasalnya, ketika para konsumen mempertimbangkan membeli mobil, merek-merek lain pun turut dilihat, termasuk Mitsubishi.

“Adalah sebuah kabar bagus jika punya lebih banyak produk atraktif untuk mengundang lebih banyak lagi konsumen di pasar. GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) kemarin adalah contoh ideal. Booth kami dan merek China (Wuling) terletak persis berdampingan. Para peminat tak hanya datang melihat-lihat ke sana, tapi juga ke booth kami. Kami mendapatkan sirkulasi yang bagus,” paparnya usai seremoni pembukaan dealer Indramayu, Jawa Barat pada akhir pekan lalu.

Pernyataan Mitsubishi mengenai pergerakan merek-merek China tak jauh berbeda dengan Toyota. Namun, Toyota masih mengakui bahwa strategi yang dilancarkan Wuling dan DFSK sedikit-banyak membawa tekanan pada mereka.

Wuling sendiri sejauh ini mempenetrasi pasar mengandalkan empat model yaitu Confero, Cortez, Formo, Almaz sementara DFSK punya tiga ‘jagoan’ yakni Glory 560, Glory 580, serta SuperCab. Bakal ada satu pabrikan lagi yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk masuk yaitu BYD.

Mitsubishi, di sisi lain, memasarkan tujuh model. Lima di antaranya merupakan kendaraan penumpang yakni Xpander, Pajero Sport, Outlander Sport, Outlander PHEV, Eclipse Cross sedangkan dua sisanya merupakan mobil niaga ringan yaitu Triton serta L300.

Mutu Layanan
Merek asal Jepang tersebut mengaku tidak menerapkan strategi khusus dalam menyaingi merek-merek China. Mereka hanya merasa perlu terus meningkatkan jaringan serta kualitas layanan.

“Satu yang harus kami lakukan adalah menyediakan layanan bagus kepada konsumen. Ini hal terpenting yang harus menjadi fokus kami. Ini adalah counter-measure (cara menghadapi persaingan) dalam kondisi sekarang,” tutup Kono. [Xan/Ari]


Read more at www.mobil123.com

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top