News PC

Kembangkan Mobil Listrik, Nissan Indonesia Gandeng Mitsubishi

Mon, 12 August 2019 - 10:24 | visits : 12
Nissan e-Power. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Jakarta, CNN Indonesia -- Direksi Nissan Motor Indonesia (NMI) mengunjungi kantor Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada hari ini Selasa (6/8). Dalam kunjungannya, NMI mengabarkan akan mengembangkan mobil listrik di Tanah Air.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate) Harjanto kepada wartawan di kantor Kemenperin, Jakarta.

Harjanto menjelaskan NMI berencana memanfaatkan fasilitas pabrik Mitsubishi untuk memproduksi mobil listrik Leaf dan e-Power.

"Masukin new produk, mau kerja sama dengan Mitsubishi untuk bikin mobil listrik Leaf dan e-Power di Indonesia," kata Harjanto.


Tidak ada informasi lebih lanjut yang disampaikan Harjanto, termasuk mengenai kapan rencana Nissan-Mitsubishi bakal direalisasikan.

Di Indonesia, Nissan punya fasilitas produksi yang lokasinya di kawasan Purwakarta, Jawa Barat. Saat ini fasilitas tersebut hanya memproduksi model low cost green car (LCGC) Datsun. NMI juga akan memproduksi mesin Xpander mulai 2020.

Satu-satunya mobil Nissan yang diproduksi di Tanah Air hanyalah Livina, namun perakitannya memanfaatkan fasilitas produksi Mitsubishi.


Sementara Leaf merupakan mobil listrik Nissan yang sudah dipasarkan global. Sejumlah negara sudah mulai kedatangan mobil ini salah satunya Australia. Leaf diklaim menjadi mobil listrik paling laris Nissan yang resmi dipasarkan sejak 2010.

Sementara e-Power menjadi mobil listrik Nissan yang dijual di Jepang sejak 2016. e-Power punya beberapa varian, antaranya Note e-Power NISMO dan Note e-Power NISMO S.

Sebelumnya Nissan Indonesia dikabarkan akan mengubah bisnisnya dari agen pemegang merek (APM) menjadi importir. Rumors ini muncul setelah penjualan Nissan di Indonesia yang mengalami penurunan dari tahun ke tahun.


Di dunia, Nissan PHK 12.500 karyawan. Sementara hal itu terjadi di Indonesia dan melibatkan ratusan pekerja yang 'dirumahkan'.

Presiden Direktur NMI Isao Sekiguchi tidak bisa mengelak ketika dimintai tanggapan oleh wartawan.


"Seperti yang disampaikan CEO Hiroto Saikawa, sebagai bagian dari upaya kami untuk memperbaiki operasi dan efisiensi investasi," kata Sekiguchi di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019, ICE BSD, Tangerang, Jumat (26/7).

(ryh/mik)

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top