News PC

Aliansi Renault-Nissan Mitsubishi Berpeluang Merger Dengan Fca, Makin Besar?

Tue, 28 May 2019 - 16:22 | visits : 49

AutonetMagz.com – Kalian tentu tahu bahwa masuknya Mitsubishi ke dalam kubu aliansi Renault-Nissan beberapa waktu silam memang menjadi boost bagi penjualan aliansi ini. Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi menjelma menjadi aliansi otomotif dengan penjualan global terbanyak. Nah, kini aliansi yang dahulu dikomandoi oleh Carlos Ghosn ini menjajaki sebuah peluang baru untuk memperbesar kapasitas. Dan pihak yang akan digandeng adalah FCA.

Sebenarnya, ada 2 aktor penting dibalik rencana merger dari Aliansi Renault-Nissan Mitsubishi dan FCA, dan keduanya adalah Sergio Marchionne dan juga Carlos Ghosn. Sayangnya, keduanya sudah tidak berada di pucuk pimpinan kedua aliansi. Marchionne telah berpulang beberapa waktu lalu karena sakit yang dideritanya, dan Ghosn masih harus berjibaku dengan kasus hukumnya di Jepang. Walaupun kedua aktor yang melakukan inisiasi dari ide ini sudah tidak memiliki posisi di kedua aliansi, namun ide ini masih terus berjalan dan bahkan segera menemui realisasi. Mengutip dari New York times dan Wall Street Journal, kedua pihak menyatakan siap untuk melakukan merger.

Baik pihak Aliansi Renault-Nissan Mitsubishi maupun pihak FCA kini sedang dalam tahap perbincangan yang komprehensif untuk bekerjasama secara global sehingga kelemahan yang dimiliki keduanya bisa saling diisi oleh rekan satu sama lain. Nah, dengan mergernya kedua aliansi ini, maka setiap anggota aliansi bakal memiliki akses untuk mendapatkan teknologi milik kompatriotnya yang dirasa dibutuhkan. Bagi Aliansi Renault-Nissan Mitsubishi, mereka memiliki tambahan akses ke Amerika Utara, daerah yang dikuasai oleh FCA dengan penjualan RAM dan Jeep yang moncer. Sedangkan bagi FCA, aliansi Aliansi Renault-Nissan Mitsubishi memiliki teknologi EV yang ciamik.

Selain itu, jika nantinya Aliansi Renault-Nissan Mitsubishi dan FCA bergabung, maka akan terbentuk sebuah aliansi baru yang jauh lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya. Dengan penjualan tahunan mecapai 198 ribu unit di tahun 2018 kemarin, FCA tentunya menjadi aset yang penting untuk membuat aliansi Aliansi Renault-Nissan Mitsubishi bisa meninggalkan VW dan Toyota dalam hal capaian penjualan global di skala aliansi. Gabungan kedua aliansi ini bakal membuat aliansi baru dengan capaian penjualan di atas angka 15 juta Unit dalam setahun, yang mana sangat superior.

Jadi, kita tunggu saja bagaimana dan kapan pihak Aliansi Renault-Nissan Mitsubishi dan FCA akan bertemu dan mengumumkan resmi kerjasama mereka. Kalau menurut kalian, apa harapan kalian?

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top