News CV

Unik! Truk Fuso Canter Bisa Melaju Di Atas Rel Kereta

Wed, 15 May 2019 - 10:42 | visits : 8

MobilKomersial.com -- Boleh dibilang, cukup aneh jika kendaraan seperti truk yang biasa melaju di atas permukaan aspal jalan raya tiba-tiba bisa melaju di atas rel kereta api sekaligus.

Tapi itulah fakta yang bisa dilihat di Tasmania, Australia. Sebuah truk Fuso Canter berkonfigurasi 4x4 dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa melaju di jalanan aspal dan rel kereta api sekaligus.

Truk kategori light duty ini bisa melaju dan dioperasikan di lintasan rel kereta api West Coast Wilderness Railway di Tasmania, menembus hutan hujan dan melintasi 40 jembatan kereta api dengan kontur naik turun dengan aman.

Sebelumnya, sebuah truk Mazda juga sukses dimodifikasi dan dioperasikan di lintasan kereta api ini. Untuk memodifikasi truk Fuso Canter ini, West Coast Wilderness Railway organization bekerja sama dengan CJD Equipment dan ada dua unit truk Fuso yang sukses dimodifikasi. Tujuan modifikasi ini untuk menunjang operasi bisnis perusahaan sekaligus mengatasi medan yang terjal di Tasmania.

Tujuannya, untuk menghasilkan tenaga. Dengan demikian, truk menjadi bisa dioperasikan melaju di area sekitar rel maupun di atas rel kereta api, menyesuaikan dengan kebutuhan.

Truk Fuso ini juga dioperasikan untuk mengangkut wisatawan. Sebelum dioperasikan, petugas akan terlebih dulu mengecek lintasan kereta untuk menyingkirkan ranting pohon yang jatuh dan benda-benda lain yang menghalangi laju truk saat dioperasikan.

Truk dilengkapi pula dengan crane dan gergaji untuk membantu menyingkirkan halangan di permukaan rel. Menurut situs Truckworld.com.au, tidak hanya truk Fuso Canter 4x4 yang bisa dimodifikasi seperti ini. Varian dan tipe truk Canter lainnya seperti yang berkonfigurasi 4x2, Canter Eco Hybrid, Canter tipe tipper dan tipe Crew Cab juga bisa dimodifikasi untuk keperluan yang sama.

Sumber: mobilkomersial.com

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top