Info Product PC

Komparasi Lengkap Mitsubishi Xpander Vs Toyota Rush

Mon, 13 May 2019 - 08:27 | visits : 154

Meskipun tidak hadir di kelas yang sama, namun kedua produk ini mampu menyedot perhatian calon konsumen berkat fitur dan tampilannya yang lebih menawan ketimbang model sebelumnya.

Selain itu, Xpander dan All New Rush juga memiliki kembaran yang akan memperluas pilihan Anda jika tertarik membelinya. Serta, walaupun Xpander LMPV dan Rush LSUV, konfigurasi mereka mirip. Xpander adalah MPV yang ke arah SUV, dan Rush adalah SUV yang ke arah MPV dengan 7 seater. Harganya juga mirip-mirip.

Desain & Eksterior

Rush kini memiliki lampu depan dan belakang LED yang membuatnya terlihat lebih modern di malam hari ketimbang Xpander. Sementara itu walaupun ground clearance Xpander terbilang tinggi yaitu 205 mm, Rush lebih tinggi lagi mencapai 220 mm. Angka itu bahkan meningkat 20 mm dari Rush generasi sebelumnya.

MESIN

Berbicara mesin, Xpander tampil dengan kapasitas 1.500 cc dengan tenaga mencapai 104 PS dan torsi puncak 141 Nm. Kemudian tenaganya disalurkan ke gerak roda depan melalui transmisi otomatis konvensional 4 percepatan.

Sementara itu, Rush juga menggunakan mesin 1.500 cc bertenaga 104 ps dengan torsi maksimal 139 Nm. Namun Rush mengandalkan gerak roda belakang, meskipun masih juga menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan konvensional.

Untuk sektor mesin, keduanya seimbang. Tapi tentunya nanti kita akan lihat performa dan kehematannya di jalan.

INTERIOR

Rush memiliki posisi duduk tinggi, setir tidak bisa teleskopik dan tidak ergonomis, apalagi joknya juga keras. Tapi yang menarik interiornya kini berwarna hitam, sehingga membuat penampilannya lebih gagah.

Sementara itu Xpander memiliki posisi duduk lebih rendah dan ergonomis., setir juga sudah dilengkapi pengaturan teleskopik dan lebih jok empuk. Sayangnya warna jok Xpander tipe Ultimate berwarna beige, sehingga lebih mudah kotor.

Untuk interior bagian depan, Xpander lebih nyaman dan ergonomis untuk diduduki di depan.

FITUR

Xpander memang tidak banyak fitur istimewa di dalamnya. Ya setidaknya dia memiliki audio dengan konektivitas ke gadget, stability control, power windows dengan pelipatan elektrik, kamera mundur, serta pengatur arah AC. Bahkan model terbaru Ultimate sudah dilengkapi cruise control.

Dalam hal ini, Rush terasa lebih lengkap dan mewah. Audio dengan konektivitas gadget, serta ada stability control dan power windows dengan pelipatan elektrik seperti Xpander. Namun ia terasa lebih modern. Sudah ada auto light, auto wiper, serta kamera mundurnya dibantu parking sensor. Lantas AC juga sudah digital walaupun sayangnya belum dilengkapi pengatur arah hembusan seperti Xpander.

Secara umum kami nilai fitur yang dimiliki Rush lebih banyak dan modern ketimbang Xpander. Namun memang kalah dalam hal pengaturan hembusan AC dan cruise control.

IMPRESI KENYAMANAN

Sebagai SUV, Rush memiliki ground clearance yang lebih tinggi namun justru punya peluang limbung lebih besar. Oleh sebab itu pada model terbaru, suspensinya terasa lebih keras untuk meredam hal tersebut.

Yang menjadi masalah, jok terasa kurang enak. Namun peredaman cukup baik, hanya saja pada kecepatan 100 km/jam rpm mencapai 3.000 rpm, suara mesin merasuk ke kabin.

Sedangkan Xpander terasa sangat nyaman. Serasa Medium MPV. Memang tidak setangguh Rush ketika dimuati penuh, tapi masih cukup memadai. Keheningan juga baik dan suara mesin tidak merasuk ke kabin. Membuat perjalanan jauh semakin nyaman.

IMPRESI PENGENDALIAN

Walaupun empuk Xpander memiliki pengendalian yang cukup baik untuk sebuah MPV. Ia stabil dan memiliki pengendalian natural. Penerapan suspensi belakang yang konon adopsi dari Lancer Evolution memberi hasil positif.

Sementara All New Rush terasa cukup lincah bereaksi terhadap gerakan setir karena suspensinya keras. Ada gejala limbung namun terasa tertahan oleh kerasnya suspensi.

Kesimpulannya, Xpander lebih stabil dan enak diajak bermanuver ketimbang Rush. Walaupun di lain sisi, pengendalian Rush masih cukup baik karena tertolong suspensi yang berprofil keras.

IMPRESI PERFORMA

Untuk akselerasi 0-100 km/jam, Xpander berhasil mencatatkan 13,8 detik. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakarnya, di dalam kota mencapai 12 km/liter, sedangkan untuk di luar kota bisa menembus 19,8 km/ liter.

Sementara akselerasi 0-100 Rush tercatat 14,3 detik. Untuk konsumsi bahan bakarnya, di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam mencapai 11,5 km/liter. Sedangkan untuk konsumsi luar kota dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam, hasilnya 15,2 km/liter.

AFTER SALES

Untuk Xpander ada garansi selama 3 tahun atau 50.000 KM, atau mana yang tercapai lebih dulu, sementara itu jaringan dealernya mencapai 127 titik yang tersebar di Indonesia. Sedangkan All New Rush dicover garansi 4 tahun atau 100.000 km, dan jaringan dealernya sudah mencapai 329 yang tersebar di Indonesia.

Dalam hal ini, Toyota lebih unggul ketimbang Mitsubishi. Apalagi untuk Anda yang tinggal di luar kota besar.

HARGA

Berbicara harga, keduanya pun tergolong cukup bersaing. Mitsubishi membanderol Xpander tipe terendah Rp 206,1 juta, sementara untuk tipe Ultimate AT dihargai Rp 260,9 juta. Sementara Toyota Rush dijual antara Rp 243,64-265,05 juta.

Jika tertarik memilih masing-masing tipe tertinggi, maka perbedaan harga yang didapat mencapai Rp 4,15 juta lebih mahal Toyota All New Rush.

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top