News PC

Mitsubishi Masih Enggan Bikin Xpander 1.3 Liter

Wed, 27 March 2019 - 09:25 | visits : 45

Xpander 1.3 Liter Masih Jauh dari Rencana – Tak bisa dipungkiri bahwa persaingan segmen Low MPV di Indonesia kini dikuasai dua model, yaitu Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Meski demikian, agaknya kompetisi ini sejatinya masih belum seimbang. Pasalnya, jika dilihat dari tipe yang ditawarkan kepada konsumen, Avanza memiliki dua pilihan mesin, yaitu 1,3 liter dan 1,5 liter, sedangkan Xpander hanya mesin 1,5 liter.

Sementara itu di satu sisi, apabila melihat soal penjualan yang dicapai, Avanza memang masih dibantu penjualan 1,3 liter dengan pangsa pasar sebesar 31,3 persen pada 2018. Sedangkan untuk Xpander sendiri, meskipun diklaim sebagai penguasa pasar mesin 1,5 liter dengan pangsa pasar 44 persen, namun jika dilihat dari total LMPV, hanya meraih pangsa pasar sebesar 29 persen. Tentu saja, hal ini menjadi salah satu hal yang seharusnya diperhatikan oleh Mitsubishi.

Lalu, kira-kira apakah nantinya Mitsubishi benar-benar ingin menghadirkan Xpander 1,3 liter sebagai langkah serius menggempur Avanza? Merespon pertanyaan tersebut, dalam hal ini Irwan Kuncoro selaku Director of Sales and Marketing MMKSI mengatakan bahwa memang pihaknya belum ada rencana untuk menghadirkan Mitsubishi Xpander 1,3 liter.

“Intinya tadi, pengembangan produk model pastinya akan terus kita pelajari. Tapi kalau ditanya 1,3 liter untuk Xpander, tidak ada rencana,” jelas Irwan saat berbincang dengan wartawan di sela-sela media gathering di Jakarta Pusat, belum lama ini.

Tentu saja, dengan demikian maka Mitsubishi sepertinya memang akan mengandalkan satu varian mesin saja, yaitu 1,5 liter. Padahal, jika ada mesin 1,3 liter, pabrikan tiga berlian ini bisa menyentuh konsumen di bawah, dan juga menggarap pasar fleet atau borongan dengan lebih masif.

“Tapi secara umum, mau mau LCGC atau citycar, semuanya kita pantau, pelajari dengan prinsipal dan juga riset dan pengembangan (R&D),” pungkasnya.

Di satu sisi, jika melihat pangsa pasar sekilas, memang Low MPV Xpander masih mendominasi penjualan. Sehingga, agaknya masih belum perlu jika Xpander 1.3 liter diluncurkan.

Sumber: www.semisena.com

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top