News CV

Kalahkan Jepang Dan Taiwan, Indonesia Raja Truk Fuso

Wed, 13 March 2019 - 16:21 | visits : 38

Penjualan Mitsubishi Fuso di Tanah Air yang dipegang PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menjadi salah satu yang terbesar di pasar global. Saking besarnya mampu menggeser Jepang yang kini bercokol di posisi kedua.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Presiden Direktur PT KTB Atsushi Kurita saat media gathering di Jakarta Pusat, Senin (11/03/2019).

"Bagi penjualan kendaraan Mitsubisi Fuso secara internasional. Indonesia memberikan kontribusi yang sangat signifikan karena secara keseluruhan saat ini menjadi kontributor pertama, kedua Jepang, yang sebelumnya Jepang, yang ketiga Taiwan," ujar Kurita kepada wartawan.

Melihat kenyataan tersebut prinsipal Mitsubishi Fuso Truk Bus Corporation (MFTBC) menyebut Indonesia sebagai pasar terpenting di kendaraan niaga. "Kontribusi Indonesia ini luar biasa dianggap oleh Mitsubishi prinsipal kami the most important kontributor in the world," ujar Kurita.

Bukan isapan jempol belaka, terbukti di tahun 2018, Mitsubishi Fuso mampu meraih market share hampir separuhnya dari kompetitor. Mitsubishi Fuso memimpin pasar perolehan market share sebanyak 43.9 persen dengan 51.132 unit truk terjual.

Terdiri dari beberapa segmen seperti colt diesel di segmen light duty truck (LDT) masih menjadi menjadi market share sebanyak 58,1%, dengan berkontribusi 45.257 unit. Sedangkan Medium Duty Truck (MDT) meningkat signifikan hingga 41,8%, dengan 5.811 unit terjual. Sisanya 64 unit disumbang oleh Tractor Head di segmen heavy duty truck (MDT).

Tahun ini, Mitsubishi menargetkan 55.000 unit penjualan di 2019, juga memperkuat capaian pangsa pasar absolut hingga 45%. Target 55.000 unit di 2019 terdiri dari 47.000 unit LDT dan
7.000 unit MDT dan HDT.

Untuk memenuhi target di atas, KTB mempersiapkan strategi dari sisi produk dan layanan purna jual. 9 varian Fighter sudah dipasarkan di awal tahun dan penambahan 7 varian akan segera meluncur. Tidak hanya varian baru, produk eksisting Colt Diesel dan FUSO akan disempurnakan sehingga dapat lebih menyesuaikan kebutuhan bisnis konsumen.

Tingginya populasi truk Mitsubishi Fuso di jalan, otomatis layanan purna jual juga dapat dipastikan meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, KTB didukung oleh jaringan terluas dengan 230 dealer resmi, 15 Truck Center, 19 Parts Depo, 107 Mobile Workshop, 5,100 part shop, serta lebih dari 1,500 team tersebar di seluruh dealer yang akan mensupport konsumen.

Jaringan ini akan bertambah lebih banyak lagi, serta didukung beragam program layanan purna jual diantaranya fleet workshop, konsinyasi suku cadang, serta suku cadang FUSO Value Parts. Sejak diperkenalkan di tahun 2018 lalu, FUSO Value Parts memungkinkan konsumen mendapat pilihan suku cadang yang lebih terjangkau. FUSO Value Parts tersedia untuk seluruh produk Mitsubishi Fuso, termasuk produk peling baru sekalipun.

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top