News PC

Jokowi Bangga Mobil Rakitan Indonesia Dinikmati Negara Lain

Thu, 26 April 2018 - 14:32 | visits : 202

Presiden RI Joko Widodo turut menyambangi seremoni ekspor perdana Mitsubishi Xpander yang dilakukan oleh PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia (MMKSI). Pada perhelatan tersebut, Jokowi tidak bisa menyembunyikan kebanggaannya bahwa mobil yang 61 persen sudah menyerap komponen lokal dan dirakit sepenuhnya oleh anak bangsa itu akan dinikmati oleh pasar internasional.

Dalam sambutannya, Jokowi sangat menghargai dan mengapresiasi langkah MMKSI untuk melakukan ekspor Mitsubishi Xpander ke berbagai negara seperti Filipina, Vietnam, Thailand, sampai Amerika Selatan serta Afrika.

"Ekspor dan investasi, ekspor dan investasi, ekspor dan investasi. Itu yang selalu saya bilang di mana-mana. Saya sampaikan di berbagai acara karena dua hal ini adalah kunci penting investasi Indonesia. Terutama untuk ekspor dan investasi non-sumber daya alam, di sektor yang bisa menghasilkan nilai tambah tinggi seperti yang kita saksikan hari ini yaitu sektor otomotif," ucap Jokowi di kawasan Indonesian Port Corporation (IPC), Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (25/4/2018).

"Oleh karena itu saya sangat hormati dan hargai lompatan yang dilakukan Mitsubishi Indonesia yang hari ini untuk pertama kalinya lakukan ekspor massal mobil tipe Xpander dari negara kita, Indonesia. Ini patut kita hargai dan apresiasi. Karena, mobil yang dirakit oleh anak bangsa pangsa pasarnya bukan hanya ke Asia Tenggara saja, tapi Amerika Selatan dan Afrika," lanjutnya.

Jokowi juga menyinggung soal pabrik perakitan MMKSI yang setahun lalu diresmikan yaitu bertempat di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Dengan mayoritas memiliki tenaga kerja lokal, secara otomatis membuktikan bahwa buah tangan anak bangsa mampu menembus pasar Internasional.

"Mobil ini dirakit oleh bangsa Indonesia dan akan digunakan oleh berbagai penjuru dunia, tidak hanya Asia Tenggara tapi juga negara lain di dunia. Pabrik Mitsubishi mempekerjakan 3.000 tenaga kerja dan akan tambah 4.000 tenaga kerja di mana mayoritas adalah kinerja tenaga lokal. Saya sangat bangga," kata Jokowi.

Perlu diketahui, di dalam tubuh Mitsubishi Xpander terdapat setidaknya 120 komponen dalam negeri. Mobil tersebut direncanakan mampu mencapai angka 30.000 unit untuk ekspor ke beberapa negara tujuan tahun ini seperti Thailand, Vietnam, Filipina, Bolivia, Amerika Selatan, hingga Mesir. Kini, 400 unit Xpander sedang dipersiapkan untuk berlabuh ke Filipina.

"MPV ini ada 120 industri komponen dalam negeri di dalamnya sehingga menjadi nilai tambah yang luas untuk Indonesia. Pemerintah akan dukung seluruh kegiatan industri untuk melakukan ekspor seperti ini," ucap Jokowi.

Sumber : www.detik.com

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top