News PC

Mitra Dealer & Distribusi, Kunci Pertumbuhan Mitsubishi Motors ASEAN

Wed, 28 February 2018 - 16:28 | visits : 379

Selama bertahun-tahun tinggal dan bekerja di Indonesia, yang sudah dianggap 'rumah keduanya', Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Osamu Masuko melihat langsung konsumen dan bisnis berusaha mencapai pertumbuhan dan perkembangan. Bahkan ketika menghadapi berbagai tantangan yang sulit.

"Ambisi bersama inilah yang saya ketahui secara pribadi telah membantu memberdayakan ekspansi Mitsubishi Motors di seluruh wilayah selama setengah abad terakhir," ujar Masuko dalam keterangan tertulisnya.

Lebih jauh lagi, lanjut Masuko, Indonesia telah menjadi pasar global strategis bagi Mitsubishi Motors. Ia percaya kerja sama dengan komunitas dealer, mitra distribusi, dan pemerintah bisa berjalan dengan baik. Dengan demikian, Mitsubishi Motors dapat menjadi brand otomotif nomor satu di ASEAN.

Komunitas dealer Mitsubishi Motors dan mitra distribusi adalah kunci untuk pertumbuhan ASEAN. Sementara industri otomotif global tetap fokus pada pasar lain.

Sebagai informasi, ASEAN memang telah lama dipandang sebagai wilayah strategis penting bagi beberapa pabrikan yang berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan dan memenuhi kebutuhan konsumen lokal dengan beragam tingkat ekonomi.

'Driving for Growth' di ASEAN

Pekan ini Masuko merasa bangga dapat bergabung dalam pertemuan distributor Mitsubishi Motors ASEAN yang berlangsung di Jakarta. Mitsubishi Motors memaparkan rencana-rencananya untuk mencapai pertumbuhan dan semakin memperkuat kehadirannya di kawasan ini.

"Pada Oktober 2017, saya mengumumkan rencana strategis tiga tahunan global Mitsubishi Motors dalam 'Drive for Growth' dalam rangka pemulihan atau V-shaped recovery dan menjamin fondasi untuk pertumbuhan jangka panjang. Kegiatan kami di ASEAN tetap menjadi wilayah terkuat bagi perusahaan, dan akan menjadi pendorong utama kesuksesan kami dalam bergerak maju," katanya.

"Kunci dari rencana ini adalah bagaimana kami terus mendukung dan membuat kemajuan dengan komunitas dealer dan mitra distribusi kami," lanjut Masuko.

Mitsubishi Motors akan mengucurkan banyak investasi di kawasan ini dalam beberapa tahun mendatang. Selain itu, Mitsubishi Motors akan meningkatkan hal yang telah menjadi pusat produksi global bagi perusahaan dan yang mampu memproduksi lebih dari 600.000 kendaraan per tahun melalui fasilitas utama di Thailand, Indonesia, dan Filipina.

"Kami juga ingin meningkatkan jajaran produk kami yang sudah memiliki landasan kokoh dalam kendaraan niaga ringan, pickup tangguh, dan SUV 4x4 yang canggih," paparnya.

Peluncuran Xpander pada 2017 mendapatkan dukungan dari masyarakat dan konsumen yang melebihi ekspektasi Mitsubishi Motors yang tinggi. Sebagai hasilnya, bisnis Mitsubishi Motors di Indonesia secara signifikan telah meningkatkan dari target penjualannya untuk MPV baru yang sangat menarik ini.

"Hal ini hanyalah contoh awal dari program pembaharuan produk kami yang akan diterapkan di seluruh portofolio kendaraan Mitsubishi Motors dan hadir saat bisnis kami di Indonesia berhasil mencapai tonggak penting perusahaan," pungkas Masuko.

Menurutnya, tahun 2017 menandai ketika Mitsubishi Motors berhasil mendirikan usaha distribusi dan produksi terpisah di Indonesia yang berujung pada roll-out ceremony Xpander di fasilitas produksi Mitsubishi Motors yang baru dan canggih di Bekasi. Oleh karena itu, Masuko juga ingin menyaksikan kesuksesan Xpander ke depan sebagai produk ekspor terkemuka di ASEAN yang dihasilkan oleh Mitsubishi Motors di Indonesia.

'Driving Ambition' di ASEAN

Ketika Masuko mulai bekerja untuk Mitsubishi Motors di ASEAN beberapa tahun lalu, ia dengan cepat membangun rasa hormat dan kepercayaan yang besar pada komunitas dealer dan mitra distribusi Mitsubishi Motors. Komitmen yang telah ditunjukkan demi kesuksesan jangka panjang Mitsubishi Motors adalah alasan utama Mitsubishi Motors mewariskan brand yang kuat pada konsumen di kendaraan niaga dan SUV.

"Hal yang sama pentingnya dengan rencana pertumbuhan dan ambisi brand kami di ASEAN adalah perluasan jaringan dealer dan distribusi kami di pasar-pasar negara utama," jelas Masuko.

Di Indonesia sendiri, Mitsubishi Motors berencana untuk mengembangkan lokasi layanannya hampir tiga kali lipat di masa yang akan datang. Di seluruh wilayah Indonesia, Mitsubishi Motors juga akan meningkatkan investasi ke dalam program pelatihan layanan yang akan membantu memastikan setiap dealer dan karyawan dapat melebihi ekspektasi yang tinggi dari seluruh konsumennya, baik yang baru maupun yang sudah saat ini.

Di samping pelatihan bisnis, dealer, dan mitra distribusi, Mitsubishi Motors di Indonesia juga menerapkan pola pikir customer-obsession agar dapat terus fokus pada peningkatan brand experience bagi konsumen.

Komitmen akan sumber daya dan energi oleh perusahaan, dealer, distributor dan karyawan juga semakin menunjukkan hasil yang nyata dan kuat. Pada 2017, bisnis Mitsubishi Motors di Indonesia meraih peringkat teratas J.D. Power SSI di industri dan berencana untuk meningkatkan nilai CSI Mitsubishi Motors secara signifikan pada tahun ini.

"Saya berharap untuk mencapai hasil yang serupa di tempat lain di kawasan ini di mana Mitsubishi Motors menjadi top-of-mind-brand di kalangan konsumen," ucapnya.

Mitra Dealer & Distribusi, Kunci Pertumbuhan Mitsubishi Motors ASEAN


Masa Depan Otomotif ASEAN

Masuko juga sangat senang dapat menghadiri penyerahan kendaraan plug-in hybrid Mitsubishi Motors yang terdepan dalam industri dan teknologi quick-charge untuk pemerintah Indonesia.

Acara tersebut menyusul penandatanganan MOU di Vietnam dan Filipina tahun lalu, yang jika dikombinasikan akan mendukung pembangunan berkelanjutan sektor otomotif regional.

Dengan demikian, lebih dari 150.000 kendaraan listrik Mitsubishi Motors telah ada di jalan-jalan di seluruh dunia. Mitsubishi Motors pun berkomitmen untuk mempercepat adopsi teknologi otomotif berkelanjutan di seluruh ASEAN.

Dengan investasi pada produksi regional, perluasan lokasi layanan, dan jajaran produk, serta peningkatan pelatihan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik, Mitsubishi Motors memiliki posisi yang baik untuk mencapai pertumbuhan yang signifikan bersama dengan komunitas dealer dan mitra distribusinya di tahun-tahun yang akan datang.

"Bagi saya sendiri dan perusahaan secara keseluruhan, ASEAN telah menjadi pasar yang menawan untuk dilibatkan dan tumbuh bersama dan memberikan banyak manfaat dari pembangunan ekonomi selama satu generasi. Saya sepenuhnya berharap ini dapat terus berlanjut bagi generasi yang akan datang," tutup Masuko.

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top