Berita

Mitsubishi Xpander Cross, Mobil Tangguh Nan Praktis di Kelasnya
February 21, 2020

Mitsubishi Xpander Cross

Sekitar akhir tahun 2019 kemarin, PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) merilis model baru mobilnya yaitu Mitsubishi Xpander Cross. Mobil ini dinilai memberikan gabungan antara kenyamanan mobil MPV dengan ketangguhan mobil SUV. Benarkah demikian? Mari kita cek ulasan berikut ini.

Eksterior Mobil Mitsubishi Xpander Cross

Eksterior Mitsubishi Xpander Cross

Secara eksterior mobil, Mitsubishi Xpander Cross mengusung konsep Dynamic Exterior Design dengan desain mobil yang lebih tangguh dengan tampilan Dynamic Shield yang dipadu dengan desain geometrik. Mobil ini diklaim dibuat dengan desain khusus untuk menyesuaikan gaya hidup konsumen yang membutuhkan kendaraan yang praktis namun tetap tangguh di jalanan.

Untuk bagian eksterior lainnya, mobil ini sudah menggunakan lampu LED pada bagian fog lamp dan head lamp untuk mengoptimalkan visibilitas, lighting range yang lebih luas dan kesan high-class yang memberikan kesan mewah untuk para penggunanya.

Masalah dimensi mobil, Mitsubishi Xpander Cross memiliki panjang panjang 4.500 mm, tinggi 1.750 mm, dan lebar 1.800 mm. Dibandingkan dengan model MPV Xpander sebelummnya, mobil ini lebih lebar sekitar 50 mm untuk memberikan kesan yang luas dan lebih stabil.

Selain tampilan mukanya yang memiliki desain keren, Mitsubishi Xpander Cross ini makin terlihat berkesan dengan adanya tambahan skid plate pada bumper depan dan bumper belakang. Mobil ini juga terkesan sangat sporty karena sudah dilengkapi dengan side body garnish dan wheel arch molding. Di bagian atap juga terpasang antena sirip hiu (shark fin antena) dan roof rail untuk menunjang aktifitas petualangan. Di bagian belakang terdapat black tailgate garnish.

Mobil ini menggunakan pelek dengan ukuran baru yaitu 17 inci ditambah roda dengan ukuran 205/55. Roda dan pelek yang semakin besar memiliki kontribusi terhadap peningkatan ground clearance mobil ini menjadi 225 mm atau 20 mm lebih tinggi dibandingkan dengan Xpander MPV.

Apa ground clearance yang tinggi ini akan membuat mobil ini tidak nyaman dipakai? Jawabannya tidak. Mobil ini tetap nyaman dikendarai untuk berbagai medan karena adanya suspensi khusus dengan rebound spring. Suspensi MacPherson Strut with Coil Spring pada bagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakang. Untuk sistem pengereman sendiri, pada bagian depan menggunakan cakram dan rem tromol pada bagian belakang.

Mesin Mobil Mitsubishi Xpander Cross

Mesin Mitsubishi Xpander Cross

Bagaimana dengan mesinnya? Mobil ini menggunakan mesin 1.5L MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system) DOHC 16 valve yang memudahkan pengoperasian dari RPM rendah ke tinggi. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 105 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm. Anda tidak usah pusing untuk pilihan transmisinya karena tersedia pilihan otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan. Sistem penggeraknya sendiri masih menggunakan dua roda depan.

Membahas soal mesin mobil ini, Mesin 4A91 pada Mitsubishi Xpander Cross merupakan pengembangan dari seri 4A9 sebelumnya yang tentunya terdapat peningkatan kehalusan suara mesin serta bahan bakar yang menjadi lebih efisien. Model baru ini menjadi paling senyap di kelasnya (mendekati 80% articulation index) karena material penyerap suara dan penghambat getaran yang high performance.

Interior Mobil Mitsubishi Xpander Cross

Interior Mitsubishi Xpander Cross

Menuju pada bagian kabin, mobil ini punya desain interior yang sangat mewah dengan dominan warna hitam dan coklat pada dasbornya. Kemudian untuk jok sendiri sudah dilapisi dengan dual tone leather khususnya untuk tipe premium package.

Pada dasbornya juga telah terpasang layar 7-inch touch screen audio yang dilengkapi dengan AM/FM Radio, USB Player, iPhone/iPad/iPod, Bluetooth dengan fungsi hands-free dan konektifitas untuk smartphone. Apabila menggunakan mobil ini tidak perlu takut kehabisan daya baterai smartphone karena terdapat power outlet pada baris depan, tengah dan juga belakang.

Untuk laci penyimpanan barang juga tersedia di bagian bawah kursi. Untuk pocket atau jaring menaruh barang yang ringan terdapat pada bagian belakang kursi serta ruang penyimpanan serbaguna pada bagian bagasi. Terdapat juga tombol start/stop dan KOS (kunci remote).

Fitur Mobil Mitsubishi Xpander Cross

Fitur Mitsubishi Xpander Cross

Untuk fitur keselamatan dan keamanannya, mobil ini dilengkapi dengan sensor parkir dengan kamera belakang yang terhubung dengan audio, yang tentunya akan berbunyi apabila ada objek menghalangi saat parkir.

Jangan lupakan Dual SRS Airbags pada mobil ini untuk menambah keamanan saat terjadi benturan saat berkendara. Selain itu sistem pengereman ABS (Anti Lock Braking System) yang dapat membantu anda mengatur laju kendaraan dan menghindari rem terkunci saat melakukan pengereman atau saat melintasi jalan licin.

Ada juga fitur HSA (Hill Start Assist) untuk mengaktifkan rem secara otomatis selama beberapa detik saat akan melaju di jalanan yang menanjak sehingga mobil tidak bergerak mundur. Dengan fitur ASC (Active Stability Control) yang secara otomatis bekerja mengontrol kecepatan saat mobil bermanuver di jalanan licin sehingga tidak mudah tergelincir.

Terdapat juga fitur ESS (Emergency Stop Signal) apabila menginjak rem di situasi darurat, lampu hazard akan menyala secara otomatis untuk memperingatkan kendaraan di belakang agar mencegah terjadinya benturan. Pada bagian rangka bodi, sudah dilengkapi teknologi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) Body yang kokoh dengan rancangan khusus sesuai standar semua kendaraan Mitsubishi untuk memberikan keamanan terbaik dalam berkendara.

Harga Mobil Mitsubishi Xpander Cross

Berbicara harga, Mitsubishi Xpander Cross dijual dalam tiga varian, yakni tipe M/T, A/T, dan A/T dengan tambahan paket leather seat premium package. Mitsubishi Xpander Cross tipe M/T Rp 270.700.000, tipe A/T Rp 280.700.000, dan tipe leather seat premium package A/T dijual dengan harga Rp 289.700.000. Harga tersebut berstatus OTR (On The Road) untuk wilayah Jakarta.

Sementara untuk pilihan warnanya yakni Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Sterling Silver Metallic, Graphite Grey Metallic, dan Sunrise Orange Metallic.

Apabila anda tertarik dan ingin mencoba test drive Mitsubishi Xpander Cross atau ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai mobil ini, silahkan hubungi Dealer Sun Motor terdekat dari tempat anda atau hubungi call center kami di (021) 8583009.

(amd/Sun Star Prima Motor)