Berita

Ini Lima Perbedaan Mitsubishi Xpander Cross dengan Xpander
January 3, 2020

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi melansir model terbarunya, Mitsubishi Xpander Cross. Debut dunia dari model baru ini dilakukan secara meriah di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, pada Selasa, 12 November 2019 lalu.

Hadirnya Xpander Cross ini menjadi varian tertinggi dari Mitsubishi Xpander oleh MMKSI. Mitsubishi Xpander Cross ditawarkan dalam 3 varian yaitu Xpander Cross M/T, Xpander Cross A/T, dan varian tertinggi yang menggunakan jok kulit Xpander Cross Premium Package A/T. 

 

 

Sebagai varian tertinggi, Mitsubishi Xpander Cross juga memiliki tampilan yang berbeda dari Xpander MPV sebelumnya. Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI mengatakan, Xpander Cross merupakan keluarga tertinggi Xpander yang menggabungkan kenyamanan MPV dengan ketangguhan SUV. 

Meski keduanya memiliki basis yang sama namun ada beberapa hal yang menjadi pembeda. Inilah beberapa perbedaan antara Xpander Cross dengan Xpander. 

 

1. Tampilan Eksterior

Jika Mitsubishi Xpander memiliki nuansa chrome di bagian eksterior, tapi pada Xpander Cross ini tidak. Dari sisi luar, terlihat jelas perbedaan antara Xpander Cross dengan Xpander biasa dari semua sisi. 

Di bagian depan terlihat jelas jika Xpander Cross menggunakan desain bumper yang berbeda dari Xpander MPV, dengan desain yang lebih kotak sehingga terlihat lebih gagah. Desain grille depan juga berbeda dengan balutan warna hitam. 

 

Sementara lampu depan pada Xpander Cross sudah dibekali dengan lampu LED, kalau di Xpander menggunakan bohlam halogen. Rumah lampu pada Xpander Cross pun terlihat sedikit berbeda dengan Xpander MPV, hal ini disebabkan perbedaan desain bumper depan. 

 

Pada bagian atap disematkan roof rail yang tidak ada pada Xpander biasa, ditambah lagi dengan antena Shark Fin sebagai standar di Xpander Cross. Pada bagian belakang, terdapat piano black tailgate garnish dan skid plate yang lebih besar di bagian bawah bumper.

Pada bagian atap disematkan roof rail yang tidak ada pada Xpander biasa, ditambah lagi dengan antena Shark Fin sebagai standar di Xpander Cross. Pada bagian belakang, terdapat piano black tailgate garnish dan skid plate yang lebih besar di bagian bawah bumper.

 

2. Dimensi

Xpander Cross ini menggunakan basis dari Xpander MPV, namun dengan gaya yang lebih kental aura SUV maka secara dimensi mengalami sedikit perbedaan. Xpander Cross memiliki bodi yang lebih besar dibandingkan Xpander biasa.

Secara dimensi Xpander Cross lebih panjang 22 mm (4.500 mm), lebih lebar 50 mm (1.800 mm), dan lebih tinggi 50 mm (1.750 mm) dibandingkan Xpander.

3. Suspensi 

Sebagai crossover, Mitsubishi mendandani ulang suspensi yang lebih kuat. Konfigurasinya sama, menggunakan MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam di roda belakang. Namun damper, pegas dan posisi caster angle diatur ulang agar mengurangi gejala body roll berlebih. 

Kemudian jarak pijak tanah (ground clearance) Xpander Cross didesain lebih tinggi menjadi 225 mm. Lebih tinggi 20 mm dari Xpander standar yang berjarak 205 mm. Hal ini tentunya sangat membantu ketika harus berhadapan dengan medan yang sulit atau melibas genangan saat musim hujan.

 

4. Interior 

Xpander Cross memiliki nuansa warna gelap lebih dominan di kabin, mulai dari trim pada jok, dashboard, dan pintu. Kombinasi warna hitam dan coklat menghiasi kabin Xpander Cross. Jok berbahan dasar fabric ada untuk transmisi manual dan otomatis, sedangkan pembungkus jok kulit dibalutkan pada opsi tertinggi Xpander Cross Leather Seat Premium Package.

5. Fitur

Untuk fitur, sebagai varian tertinggi di Xpander maka fiturnya pun paling lengkap. Selain fitur-fitur yang sudah ada di Xpander tipe Ultimate seperti dual airbags, active stability & traction control, cruise control serta hill start assist. Untuk pengereman masih sama, mengandalkan cakram di depan dan drum di roda belakang dengan teknologi terkini yaitu ABS (anti-lock brake system), EBD (electronic brake distribution) dan BA (brake assist).

Xpander Cross juga sudah dilengkapi dengan Cruise Control dan layar infotainment 7 inci yang sudah mendukung koneksi smartphone dan rear view camera.Hal ini setara dengan fitur yang juga ada pada Xpander Ultimate. 

Bedanya adalah pada Xpander Cross semakin lengkap dengan adanya fitur parking sensor. Di mana parking sensor ini sebelumnya tidak terdapat di Xpander tipe apapun. Satu lagi, Xpander Cross ini juga sudah mempunyai fitur defogger di kaca belakang yang sebelumnya tidak ada di Xpander. 

Sementara untuk mesin pada Xpander Cross juga masih sama dengan Xpander yaitu mesin 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-valve. Mesin berkapasitas 1.499 cc itu memiliki tenaga 102 hp dan torsi 141 Nm. Demikian juga dengan transmisi yang digunakan masih ada dua pilihan yaitu 4-speed AT dan 5-speed MT