Berita

Tak Cuma di Indonesia dan Vietnam, Mitsubishi Xpander Juga Akan Dirakit di Malaysia
December 5, 2019

Jakarta – Saat ini PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) punya hak eksklusif untuk memproduksi Mitsubishi Xpander. Hasil produksinya dimanfaatkan untuk memenuhi permintaan pasar domestik maupun ekspor. Akan tetapi tak lama lagi Mitsubishi Xpander tidak hanya diproduksi di Indonesia saja tapi juga di Vietnam. Langkah tersebut terpaksa diambil oleh Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dalam rangka menambah pasokan untuk keperluan ekspor.

Tidak cuma Vietnam, beredar rumor bahwa Mitsubishi juga akan merakit mobil keluarga tersebut di Malaysia. Menurut salah seorang sumber yang ditemui oleh Careta.my menyebutkan bahwa Mitsubishi Xpander yang dirakit di Malaysia hanya diperuntukkan bagi pasar domestik saja. Nantinya tempat proses produksi pembuatan Xpander akan terpisah dari model Completely Knock Down (CKD) lain punya Mitsubishi yakni Outlander dan ASX. Sekadar informasi, Mitsubishi Outlander dan ASX dirakit di kilang Tan Chong Motor Assemblies (TCMA) di Setapak, Kuala Lumpur, Malaysia.

Mitsubishi Xpander sendiri akan menggunakan fasilitas produksi mobil milik DRB-Hicom. Pabrik ini memiliki beberapa fasilitas perakitan kendaraan dan digunakan juga oleh merek mobil lain seperti VolkswagenIsuzuMercedes-Benz dan sebelumnya juga pernah merakit kendaraan dari Suzuki.

Sumber yang sama juga mengatakan bahwa kemungkinan Mitsubishi Xpander akan diluncurkan di Malaysia pada kuartal pertama 2020. Mitsubishi Xpander akan menggunakan fasilitas produksi yang pernah dipakai oleh Suzuki. Sementara proses pengecatan akan menggunakan fasilitas yang dipakai Volkswagen.

Mitsubishi meluncurkan Xpander secara global pada Juli 2017 di Jakarta, Indonesia. Sekarang mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) ini diproduksi di kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC), Kota Deltamas, Desa, Pasirranji, Kec. Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat.

Bukan Ancaman Bagi Mitsubishi Indonesia

Mitsubishi Xpander yang segera diproduksi di Vietnam, bisa dikatakan bukan ancaman bagi PT MMKI selaku perusahaan yang bertanggung jawab untuk memproduksi mobil Mitsubishi di Indonesia. Chief Execuiltive Officer MMC, Takao Kato mengatakan bahwa ini bertujuan untuk menambah jumlah produksi mobil.

Xpander
Rencana ekspor Xpander tertunda. Foto/Carmudi.

“Benar memang (Xpander) juga akan diproduksi di Mitsubishi Motors Vietnam (MMV). Namun tentu ini seperti informasi yang telah kami berikan, karena banyak sekali negara-negara lain yang belum mendapatkan Xpander sehingga kami MMC sedang menentukan destinasi mana saja yang merupakan destinasi ekspor selanjutnya untuk Mitsubishi Xpander,” ungkap Kato saat acara konferensi pers peluncuran Mitsubishi Xpander Cross di Jakarta, bulan lalu.

Pria yang pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT MMKI itu kembali menegaskan lewat strategi ini bisa menghasilkan mobil Mitsubishi Xpander lebih banyak lagi sehingga bisa mendapat kuota tambahan untuk ekspor.

“Dengan meningkatkan produksi maka destinasi ekspor juga akan meningkat dari manapun negara yang memproduksinya,” terang Kato.

Untuk diketahui, saat ini Mitsubishi Xpander yang diproduksi di pabrik MMKI sudah diekspor ke berbagai negara. Di antaranya Filipina, Thailand, dan Vietnam.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Sumber: carmudi.co.id