Berita

Setelah Mall, Mitsubishi akan Bangun Pengisian Baterai di SPBU
December 5, 2019

Jakarta – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru saja meresmikan fasilitas pengisian daya quick charge kendaraan listrik di Plaza Senayan, Jakarta. Ini merupakan stasiun ke-16 yang dimiliki Mitsubishi dan sekaligus menjadi yang pertama ditempatkan di pusat perbelanjaan.

Apa pertimbangan MMKSI membuat stasiun pengisian listrik di mall?

“Saat ini memang shopping mall itu adalah tempat paling nyaman untuk mendirikan quick charging, karena pada saat mereka parkir (kendaraan listrik), mereka bisa charge dan ditinggal untuk jalan-jalan. Dan mereka bisa kembali lagi ketika baterai kendaraannya sudah full,” kata President Director MMKSI Naoya Nakamura.

Sebelumnya, fasilitas stasiun pengisian daya Mitsubishi ini memang baru hadir di diler-diler resmi Mitsubishi dan di kantor pusat Mitsubishi. Rinciannya, 12 quick charge di diler Mitsubishi di Jabodetabek, 2 quick charge di diler Mitsubishi Bali, dan 1 unit di kantor MMKSI di Pulomas, Jakarta.

Setelah mencoba area baru di pusat perbelanjaan, MMKSI bertekad untuk memperbanyak fasilitas pengisian daya kendaraan listrik di ruang-ruang yang banyak dikunjungi publik. Salah satunya adalah SPBU.

“Tidak menutup kemungkinan hanya di shopping area saja, kami tentunya akan mengembangkan lebih lanjut (sampai ke area SPBU). Terlebih SPBU sekarang banyak yang sudah memiliki cafe (jadi sembari charging, orang bisa santai) dan itu akan kita jajaki lebih lanjut untuk pendirian charging station di sana,” lanjut Nakamura.

Sebagai informasi, fasilitas quick charger Mitsubishi yang ditempatkan di area parkir Plaza Senayan, merupakan alat pengisian daya dengan tipe CHAdeMO (DC), yang mampu mengisi baterai Outlander PHEV hingga 80% dalam kurun waktu 25 menit.

Untuk saat ini, fasilitas pengisian daya tersebut tersedia khusus untuk pelanggan Mitsubishi. Fasilitas ini tersedia secara gratis dan beroperasi mulai jam 10 pagi sampai 10 malam setiap harinya, bergantung waktu operasional Plaza Senayan.

Ditambakan PHEV Task Force Team Leader MMKSI Yuta Yamashita, proyek pengadaan 16 fasilitas charging station merupakan inisiatif dari Mitsubishi Motors bekerjasama dengan diler.

“Untuk nilai investasi (charging station) yang ada di Plaza Senayan total biaya yang kita keluarkan adalah Rp 500 juta. Tapi untuk (charging station) di beberapa diler itu bervariasi, tergantung lokasinya dan juga kontruksi yang kita lakukan,” ujar Yamashita.

 

Sumber: oto.detik.com